HOME

Selasa, 31 Mei 2011

Apa Itu Nematoda

Apa Itu Nematoda

Permisi agan2 yang ganteng dan cantik 

Kembali dengan ane valethree46 yang akan mempersembahkan beberapa threat buat para sesepuh di sini... 

Okeh langsung aja yah gan…. 

Tapi sebelumnya minta maaf kalo treat ini repost..  namanya juga manusia yang tidak sempurna… 

Lanjutgan… :

Quote:
Originally Posted by valethree46: bukti no repost
Quote:
agan2 pada mau tau kan apa itu nematoda, yang sering diucapkan diserial kartun film spongebob squarepants, langsung aja disimak, no repost, no bata, cendol yes, lanjutgan, pertamax
Quote:
Nematoda (diucapkan / nɛmətoʊdz ) atau cacing gelang (filum Nematoda) adalah filum yang paling beragam pseudocoelomates, dan salah satu yang paling beragamdari semua binatang. Nematoda spesies sangat sulit untuk membedakan lebih dari28.000 telah diuraikan, yang lebih dari 16.000 bersifat parasit. Telah diperkirakanbahwa jumlah spesies nematoda mungkin sekitar 1.000.000. Tidak seperti cnidaria atau cacing pipih, cacing gelang memiliki sistem pencernaan yang seperti tabungdengan bukaan di kedua ujungnya.
Quote:
Habitat

Nematoda telah berhasil beradaptasi dengan ekosistem hampir setiap dari laut ke air tawar, dari daerah kutub ke daerah tropis, serta yang tertinggi sampai yangterendah elevasi. Mereka di mana-mana di air tawar, laut, dan lingkungan darat, di mana mereka sering melebihi hewan lain baik dalam jumlah individu dan spesies,dan ditemukan di lokasi yang beragam seperti gunung, padang pasir dan palung samudera. Mereka mewakili, misalnya, 90% dari seluruh kehidupan di dasar lautbumi banyak bentuk mereka parasit termasuk. patogen pada tumbuhan palingdan hewan (termasuk manusia). Beberapa nematoda dapat menjalani cryptobiosis.
Satu kelompok jamur karnivora, jamur nematophagous, adalah predator nematodatanah. Mereka menetapkan godaan untuk nematoda dalam bentuk lassos ataustruktur perekat.

Taksonomi dan sistematika


Eophasma jurasicum, sebuah fosil nematoda

Kelompok ini awalnya didefinisikan oleh Karl Rudolphi tahun 1808 dengan namaNematoidea, dari νῆμα Yunani Kuno (NEMA, nêmatos, 'benang') dan-eiδἠς (-eidēs,'seperti'). Kata "nematoda" vernakular adalah korupsi takson ini, direklasifikasisebagai Nematoda keluarga dengan Burmeister pada tahun 1837 dan ketertibanNematoda oleh KM Diesing pada tahun 1861.

Pada asal itu, "Nematoidea" termasuk baik cacing gelang dan cacing bulu kuda. Seiring dengan Acanthocephala, Trematoda dan Cestoidea, ini membentukkelompok Entozoa Perbedaan pertama cacing gelang dari cacing bulu kuda,meskipun keliru, adalah. karena Siebold (1843) dengan perintah Nematoidea danGordiacei (Gordiacea). Mereka dikelompokkan bersama dengan Acanthocephaladalam filum Nemathelminthes baru (hari ini usang) oleh Gegenbaur (1859).Kemudian takson Nematoidea telah dipromosikan ke peringkat filum oleh RayLankester (1877) termasuk keluarga Gordiidae (cacing bulu kuda). Pada tahun 1919,Nathan Cobb mengusulkan agar cacing gelang harus diakui sendiri sebagai sebuahfilum. Dia berargumen bahwa mereka harus disebut NEMA (s) dalam bahasa Inggrisbukan "nematoda" dan mendefinisikan Nemates takson (jamak Latin NEMA).Untuk Itis, takson Nematoda tidak valid. Sejak Cobb adalah yang pertama untukmengecualikan semua tapi nematoda dari grup ini, takson berlaku harus NematesCobb 1919 atau Nemata Cobb 1919.

Filogeni

Hubungan dari nematoda dan kerabat dekat mereka di antara metazoa protostomianyang belum terselesaikan. Secara tradisional, mereka ditahan untuk menjadiketurunan mereka sendiri, tetapi pada 1990-an itu diusulkan bahwa merekamembentuk clade bersama dengan molting hewan seperti arthropoda. Kelompok initelah bernama Ecdysozoa. Namun, monophyly dari Ecdysozoa tidak

pernah tegasditerima: sementara peneliti paling mempertimbangkan setidaknya penempatanarthropoda sebagai saudara jauh lebih dari annelida - dengan yang mereka dahulubersatu - untuk dijamin, hubungan dekat dianggap dari nematoda dan kerabat dengantersebut arthropoda telah menjadi titik utama dari pertikaian.

Meskipun jumlah data sejak akumulasi dalam kaitannya dengan masalah ini adalahmengejutkan, situasi tampaknya jika sesuatu yang kurang jelas hari ini. Data sekuensDNA, awalnya sangat mendukung hipotesis Ecdysozoa, telah menjadi agak samar-samar pada ecdysozoan monophyly, dan hanya tidak dapat menyangkal baik dekat atau hubungan yang lebih jauh antara arthropoda dan garis keturunan nematoda.Bahwa cacing gelang memiliki sejumlah besar apomorphies aneh dan dalam banyak kasus gaya hidup parasit mengacaukan analisis morfologi. Analisis genetik cacing gelang [rujukan?] menyarankan bahwa - seperti juga ditunjukkan oleh fitur unikmorfologi - kelompok ini berada di bawah tekanan selektif intens selama radiasi awal,sehingga tampaknya tingkat akselerasi baik evolusi morfologis dan molekuler. Selain itu, tidak ada apomorphies khas dari Ecdysozoa dikenal, bahkan molting baru-baru initelah dikonfirmasi terjadi di luar clade dianggap.

Sebaliknya, identitas kerabat yang tinggal terdekat dari Nematoda selalu dianggapbaik diselesaikan. Karakter morfologi dan filogeni molekul setuju dengan penempatantakson cacing gelang sebagai saudara cacing bulu kuda parasit (Nematomorpha),bersama-sama mereka membentuk Nematoida.

Bersama dengan Scalidophora(dahulu Cephalorhyncha), bentuk Nematoida yang Introverta. Hal ini sepenuhnya jelasapakah Introverta yang, pada gilirannya, keluarga terdekat hidup dari Gastrotrichapenuh teka-teki, jika demikian, mereka dianggap sebagai clade Cycloneuralia, tetapiada banyak ketidaksepakatan baik antara dan antar data morfologi dan molekuleryang tersedia. Para Cycloneuralia atau Introverta - tergantung pada validitas darimantan - sering digolongkan sebagai superfilum a.


The Gastrotricha misterius tampaknya memegang kunci ke "debat Ecdysozoa", tetapimereka telah sedikit dipelajari.
Apakah mereka kerabat dari nematoda masih belum diketahui.

Nematoda sistematika

Karena kurangnya pengetahuan tentang banyak nematoda, sistematika merekadiperdebatkan. Secara tradisional, mereka dibagi menjadi dua kelas, yangAdenophorea dan Secernentea, dan studi awal urutan DNA [verifikasi diperlukan]menyarankan adanya lima clades:

>Dorylaimia
>Enoplia
>Spirurina
>Tylenchina
>Rhabditina


Karena tampaknya, Secernentea memang sekelompok alami kerabat terdekat.Tetapi "Adenophorea" tampaknya kumpulan paraphyletic cacing gelang hanyamempertahankan baik jumlah sifat leluhur. Para Enoplia lama tidak tampakmonofiletik baik tetapi untuk mengandung dua garis keturunan yang berbeda.Kelompok lama "Chromadoria" tampaknya paraphyletic kumpulan lain, denganMonhysterida mewakili sebuah kelompok kecil yang sangat kuno nematoda. Di antara Secernentea, yang Diplogasteria mungkin perlu bersatu dengan Rhabditia.sedangkan Tylenchia tersebut mungkin paraphyletic dengan Rhabditia.

Pemahaman tentang sistematika gelang dan filogeni pada 2002 adalah sebagai berikut:

>Filum Nematoda
>Order Basal Monhysterida
>Kelas Dorylaimea
>Kelas Enoplea
>Kelas Secernentea
.Subclass Diplogasteria (sengketa)
.Subclass Rhabditia (paraphyletic?)
.Subclass Spiruria
.Subclass Tylenchia (sengketa)
>"Chromadorea" kumpulan
Quote:
tambahan dari agan2
Quote:
Originally Posted by bocahsimo View Post
ini nih gan ane tambahin tentang reproduksinya

Spoiler for SISTEM REPRODUKSI
SISTEM REPRODUKSI, jenis kelamin kebanyakan nematoda adalah terpisah (uniseksual). Pada cacing jantan terdiri dari satu atau kadang-kadang dua testis tubuler. Secara berturutan setelah testis, vas eferens, vesikulum seminalis (sebagai tempat menyimpan sperma), vas deferens dan terakhir kloaka. Disebelah dorsal kloaka ditemukan kantung spikulum yang biasanya ditemukan 1atau 2 atau tidak spikula (alat untuk kopulasi).
Disekeliling anus ditemukan beberapa papila yang kadang-kadang bertangkai serta susunan berbeda pada setiap jenis cacing.
Ekor cacing jantan dapat dibedakan menjadi dua tipe , yaitu yang berupa sayap yang terbentuk dari kutikula sepanjang ekor cacing dan tidak terlalu melebar disebut ALA CAUDAL sedangkan yang melebar membentuk bentukan yang disebut BURSA (berfungsi untuk memegang cacing betina saat kopulasi).
Sistem reproduksi cacing betina terdiri dari 2 atau 1 ovarium tubuler, berikutnya masing-masing oviduks, uterus (bagian uterus ada yang meluas membentuk “” Reseptakulum Seminalis ” yaitu kantung sperma) , vagina dan terakhir vulva.


ane juga kasih video nya, semoga berkenan
Spoiler for video nematoda


ane  gan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar